top of page
Search
  • Writer's pictureAnggie Eka putri

Tutorial Self-Portrait Kece Tanpa Fotografer

Updated: Jul 29, 2019




Tidak perlu merogoh kocek lebih dalam, ada acara buat kamu untuk membuat self-portrait yang bagus like a pro.

Era digital semakin berkembang pesat hingga mempengaruhi eksistensi hidup banyak orang. Bahkan sekarang eksistensi menjadi kebutuhan juga. Banyak orang yang seketika saja dapat menjadi selebgram karena membuat konten yang menginsiprasi banyak orang. Mereka berlomba-lomba untuk membuat feed Instagram agar menarik, membuat konten di youtube (vlogger), dan ada juga membuat blog pribadi (blogger).

Untuk orang-orang yang berduit, mungkin mereka akan sering menggunakan jasa photographer supaya mereka mendapatkan hasil foto yang bagus untuk dijadikan konten social media. Namun terkadang kemampuan ekonomi setiap orang berbeda guys. Sebagai orang zaman now yang kreatif, kita harus pintar mensiasati kekurangan tersebut.



1. Pakai tripod


Karena pembuatan foto ini dilakukan sendiri, berarti kamu membutuhkan alat tambahan untuk menopang kameramu. Tripod sangat berguna dalam situasi ini. Kamu bisa mengatur sendiri angle terbaik yang kamu inginkan. Atau kalau kamu hanya menggunakan kamera handphone, kamu bisa menggunakan monopod. Lalu tinggal atur deh self-timer nya.


2. Atur lighting dengan baik



Jika kamu mengambil foto di outdoor dengan cuaca yang sedang baik, pengaturan cahaya akan lebih baik dan mudah. Namun jika dalam keadaan cuaca yang kurang baik, mungkin pengaturan cahaya akan lebih sulit dan memerlukan bantuan cahaya tambahan. Hal ini sama dengan jika mengambil foto di dalam ruangan seperti di dalam studio. Kamu dapat menggunakan reflektor atau lampu tambahan. Lalu kamu harus sekreatif mungkin menyulap ruangan kamu menjadi mini studio.


3. Pilih tempat yang menarik dan anti-mainstream


Pemilihan tempat sangat mempengaruhi hasil foto. Sebaiknya pemilihan tempat juga disesuaikan dengan mood yang ingin kamu ciptakan. Dan jangan lupa memikirkan komposisi warna dari tempat yang akan dipilih menjadi background foto. Background alam adalah pilihan rekomendasi untuk mendapatkan mood foto yang bagus. Akan kebih baik jika kamu pintar memilih tempat-tempat anti-mainstream, karena akan membuat views kamu penasaran.


4. Atur fokus kamera



Hal ini yang sulit dilakukan saat membuat self-portrait karena fokus kamera bisa saja meleset. Kamu bisa minta tolong kepada temanmu untuk mengambil posisi sebentar di depan kamera. Cobalah atur fokus kamera, sesuaikan objek dengan background. Jika tidak ada orang yang bisa dijadikan objek, gunakanlah benda yang bisa disesuaikan. Setelah foto sudah diambil, cek ulang agar kamu bisa mengulang pengambilan foto yang lebih fokus.


5. Edit foto




Langkah terakhir yang sangat recommended untuk dilakukan yaitu edit foto. Jika masih ada hasil yang kurang memuaskan seperti cuaca yang kurang baik saat pengambilan, lampu yang kurang oke atau property yang kurang bagus juga, kamu bisa mensiasati dengan mengedit foto. Mungkin kamu bisa memberikan warna yang lebih menarik, atau menyamarkan warna-warna yang tidak diinginkan.

Jadi gak ada alasan lagi untuk membuat foto dengan budget yang selangit. Siapapun bisa menjadi like a pro dengan memanfaatkan fasilitas yang ada dengan budget yang seadanya juga.

0 views0 comments
bottom of page